A. RUMUSAN VISI
Visi Universitas Pattimura
“Terwujudnya Universitas unggul, mendunia, dan berkarakter budaya kepulauan tahun 2045”.
Visi Program Studi Di Luar Kampus Utaman (PSDKU) MBD
“PSDKU Unggul, berkarakter, dan berbudaya pulau-pulai kecil berbatasan”.
Visi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) MBD
Berdasarkan visi Universitas Pattimura dan PSDKU MBD, maka dirumuskan visi program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar MBD
“Mengembangkan pendidikan sekolah dasar yang adaptif terhadap perkembangan IPTEKS yang berkarakter budaya kalwedo berbasis pulau-pulau kecil perbatasan”.
Pendidikan Sekolah Dasar yang Adaptif: Pendidikan yang fleksibel, tanggap, dan mampu menyesuaikan diri dengan dinamika perubahan zaman, serta tantangan lingkungan lokal dan global, mampu merespon kebutuhan masyarakat dan karakteristik peserta didik di daerah-pulau kecil perbatasan.
Perkembangan IPTEKS (Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Seni): pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran serta pendekatan kreatif dan seni sebagai bagian dari pembelajaran yang kontekstual dengan budaya lokal.
Berkarakter Budaya Kalwedo: nilai budaya lokal masyarakat Maluku Barat Daya yang mengandung semangat kekeluargaan, persaudaraan, kearifan lokal, solidaritas, dan tanggungjawab. Penanaman nilai-nilai lokal yang luhur kepada mahasiswa dan peserta didik serta mendorong pendidikan yang membentuk kepribadian yang peduli, bersahabat, dan menghormati adat istiadat.
B. RUMUSAN MISI
Rumusan Misi Berdasarkan visi tersebut, maka dirumuskan misi sebagai berikut:
- Menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas, inovatif, berkarakter, dan adaptif terhadap perkembangan IPTEKS dan kontekstual dengan kebutuhan daerah pulau-pulau kecil perbatasan.
- Mengintegrasikan nilai-nilai budaya Kalwedo dalam proses pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.
- Mengembangkan kurikulum, riset, dan praktik pendidikan yang responsif terhadap dinamika global serta sesuai dengan karakteristik wilayak kepulauan dan perbatasan.
- Meningkatkan kemampuan lulusan agar adaptif dan solutif terhadap permasalahan pendidikan di daerah pulau-pulau kecil dan wilayah perbatasan melalui penguatan kompetensi profesional, sosial, dan kultural.
- Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat yang berbasis pada potensi lokal dan kebutuhan nyata masyarakat di wilayah laut dan pulau.
- Membangun jejaring kerjasama dengan lembaga pendidikan, pemerintah, dan mitra strategis baik di tingkat lokal, nasional, maupun internasional untuk meningkatkan daya saing lulusan.
C. TUJUAN
Adapun tujuan Program Studi PGSD MBD berdasarkan rumusan visi dan misi tersebut antara lain:
- Menghasilkan lulusan yang unggul, adaptif, dan berkarakter dalam pendidikan sekolah dasar.
- Mengembangkan pembelajaran dan penelitian yang berwawasan global, serta relevan dengan konteks kepulauan dan perbatasan.
- Meningkatkan kemampuan adaptasi lulusan terhadap tantangan pendidikan di daerah pulau-pulau kecil dan wilayah perbatasan.
- Mendorong kontribusi aktif dosen dan mahasiswa dalam pengabdian masyarakat berbasis kearifan lokal.
- Membangun kemitraan strategis dengan berbagai pihak guna meningkatkan mutu, daya saing, dan relevansi program studi.
D. STRATEGI PENCAPAIAN
Untuk mencapai visi, misi serta tujuan program studi maka perlu adanya strategi yang dirumuskan sebagai berikut:
- Penerapan pembelajaran yang kontekstual dan inovatif
- Peningkatan mutu dosen dan sarana pembelajaran
- Mengintegrasikan isu global dan pulau-pulau kecil perbatasan dalam materi kuliah
- Mendorong riset dosen dan mahasiswa yang mengintegrasikan nilai-nilai budaya Kalwedo pulau-pulau kecil perbatasan
- Menulis dan menerbitkan karya ilmiah di jurnal nasional dan internasional
- Penerapan pembelajaran berbasis masalah PBL dan PJBL
- Praktik lapangan di sekolah-sekolah perbatasan dan pulau-pulau kecil
- Peningkatan literasi digital dan inovasi teknologi pendidikan
- Kegiatan pengabdian terintegrasi dengan pembelajaran riset
- Pelibatan mahasiswa dalam kegiatan penelitian dan pengabdian yang diarahkan pada pemberdayaan lokal
- Kolaborasi dengan pemerintah daerah atau LSM
- Program pertukaran mahasiswa/dosen
- Promosi dan branding program studi berbasis kekhasan wilayah
E. UNIVERSITY VALUE
- Berkarakter: menjunjung tinggi integritas, etika, tanggung jawab, dan kedisiplinan dalam pengembangan diri sebagai pendidik berkualitas.
- Unggul: fokus pada mutu dan keunggulan dalam proses pendidian, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.
- Responsif: peka dan tanggap terhadap tantangan dan dinamika pendidikan di wilayah kepulauan dan perbatasan.
- Lokalitas: menghargai dan mengembangkan potensi lokal, budaya, dan kearifan masyarakat pesisir dan pulau-pulau kecil.
- Adaptif: mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan global, teknologi, dan perubahan sosial dalam konteks pendidikan dasar.
- Kolaboratif: membangun jejaring dan kemitraan strategis lintas sektor demi kemajuan pendidikan dan daya saing lulusan.
- Aktif berkarya: proaktif dalam menghasilkan inovasi dan solusi pendidikan melalui penelitian, praktik lapangan, dan pengabdian masyarakat.
- Rasa kepedulian: memiliki empati dan komitmen kuat untuk melayani dan memberdayakan masyarakat di pulau-pulau kecil perbatasan.